Label

Rabu, 26 September 2018

MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA





Well, sebenarnya nulis ini sekadar mau mengeluarkan unek-unek atau sharing sih..heheheh
Aku belum ahli dalam mengatur keuangan, malah jauh dari kata-kata handal dalam mengatur keuangan. Tepok Jidat! sambil istigfar.

Setelah sekian tahun berumah tangga aku menyadari diriku ini apalah ya, seorang ibu rumah tangga yang belum bisa handal mengatur keuangan. Padahal kebanyakan seorang istri dan ibu pasti bisa handal melakukan itu, (menurut aku lho ya). Lihat temen-temen di tempat kerja kayae ahli banget dalam budgeting finansial mereka, sehingga bikin aku kagum gituuu. Aku mah apa?yang semua di pengeni di beli, nggak ada perencanaan, nggak ada pencatatan semua mua mengalir apa adanya yang akibatnya akhir bulan pasti keteteran. Aku sudah terlena dengan indahnya dunia,, Tsahhhh!

Punya anak dua bikin aku banyak belajar, terutama masalah keuangan. Jadi bikin aku sadar dan melek, ayo nih harus segera di rubah. Di rubah kebiasaannya biar uang nggak terbuang percuma. Punya anak dua harus mulai mikir nabung, nabung buat anak sekolah, nabung buat rumah, nabung buat kendaraan nabung buat usaha dan lain-lain. Harus di buang buang jauh egonya, nggak semua yang di pengeni di beli. Catet!! Wanita sering lupa hal ini.

Perkataan suami kapan hari jadi pengingat aku juga, bapak e bilang hidup sewajarnya, nggak semua keinginan anak harus di penuhi  biarkan anak merasakan perjuangan mendapatkan sesuatu agar mereka tidak manja dewasanya. Beli sesuatu janganlah lihat brandnya tapi kegunaannya, seorang anak tidak akan mengerti pakaian yang di pakai merk terkenal apa nggak, harganya berapa, belinya dimana tapi kadang ego orang tuanyalah yang memaksa membeli barang bermerk. Hikss pak suami lagi bijaksana banget pokoknya serasa tertohok banget nih.

Jadiiii intinya mengatur keuangan rumah tangga bukan hal yang mudah bagiku. Harus melalui proses panjang sehingga aku baru sadar pentingnya ilmu ini. Jadi step awal yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah :

1. Catet tiap pemasukan dan pengeluaran

2. Sisihkan tabungan di awal bulan

3. Bayar tagihan dan hutang

4. Bayar zakat atau sedekah

5. Beli karena butuh bukan karena ingin

Itu yang masih bisa aku lakukan saat ini, semoga kedepan bisa berkembang lebih baik. Semoga tulisan ini bermnfaat. Maaf jika intronya terlalu panjang heheheh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar