Label

Kamis, 07 September 2017

Me Time Versi Ibu Baru Melahirkan



Seorang ibu juga butuh me time lho, apalagi ibu yang baru melahirkan.
Seorang ibu yang baru memiliki bayi baru lahir rentan mengalami Baby Blues, yaitu suatu gangguan kondisi psikologis atau mood yang gejalanya berupa perasaan sedih dan cemas tanpa sebab yang jelas, perasaan bersalah, lelah, gangguan konsentrasi dan tidur dan perasaan marah. Berdasarkan pengalaman anak pertama aku juga hampir mengalami gejala ini. Aku tiba-tiba sering sedih dan menangis karena alasan yang tidak jelas kemudian merasa bersalah saat anak rewel dan merasa kelelahan karena mengurus bayi. 
Agar terhindar dari baby blues seorang ibu harus mendapat support dari orang-orang terdekat apalagi suami. Selain itu ibu juga membutuhkan waktu untuk diri sendiri agar bisa bernafas atau istilahnya 'Me Time" .

Dalam versiku Me Timenya ibu atau emak-emak itu bisa berupa :
  1. Pijat. Habis proses melahirkan, menyusui setiap 2 jam sekali, begadang tiap malam, bayi yang kadang rewel, puting yang lecet karena menyusui pasti akan membuat badan kelelahan dan penat pikiran, pijat adalah terapi yang sangat pas karena bisa sebagai terapi relaksasi.  Pijat bisa dilakukan suami juga lho, bisa sekaligus untuk terapi melancarkan asi.
  2. Merawat diri. Kadang waktu buat mandi aja terburu-buru atau nggak sempat apalagi merawat diri ya? Kalau versiku merawat diri  itu bisa maskeran di malam hari saat anak-anak tidur dan bisa mandi dengan waktu yang cukup.
  3. Membaca buku. Habis melahirkan kemarin aku langsung download aplikasi "Play Book" dari google play. Jadi membaca buku bisa langsung dari gadget atau PC. Kita bisa membeli buku yang kita inginkan dengan cara potong pulsa. Tapi ini khusus provider indosat ya, yang lain setahuku belum bisa. Cara ini aku ketahui setelah membaca blognya mbak innnayah, bisa buka di www.innnayah.com 
  4. Menulis. Kegiatan menulis bisa dijadikan salah satu pelepas stress dan mengeluarkan unek-unek yang terpendam di hati. Jadi semisal kita tidak bisa cerita ke orang lain kita bisa menuliskannya. Setidaknya beban kita akan berkurang. Kalau menurut alodita menulis sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari, lebih tepatnya dia menulis dalam bentuk jurnal seperti di www.alodita.com . Thanks Malo yang udah berbagi tipsnya, menurutku sangat bermanfaat.
  5. Mendengarkan musik. Setiap pagi saat memandikan anak tidak ada yang salah sambil memutar lagu kesukaan. Ini merupakan salah satu kegiatan pelepas stress yang cepat dan mudah sekaligus bisa membuat perasaan menjadi lebih baik. 
Demikian Me Time dalam versiku, mungkin bagi ibu-ibu yang lain tidak sama karena karakter dari masing-masing orang tidak sama . Semoga bisa bermanfaat, selalu jadi ibu yang happy ya mom. Ibu bahagia anak pun senang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar