Label

Rabu, 13 September 2017

MENCEGAH RUAM POPOK


Ruam popok adalah gejala kemerahan pada kulit bayi yaitu biasanya daerah pantat yang disebabkan karena peradangan. Peradangan ini biasanya terjadi karena kulit bayi yang terpapar dengan urine dan tinja yang terlalu sering. Bayi yang menggunakan popok biasanya akan mengalami ruam popok. Popok sekali pakai maupun kain bisa menyebabkan ruam ini.
Kalau untuk aku pribadi lebih sering menggunakan popok sekali pakai atau pampers karena faktor kepraktisan dan nggak mau ribet juga sih HEHEHE. Dulu pas anak pertama juga pernah mengalami ruam popok, tapi alhamdulilah cepet sembuh. Sudah 1 bulan lebih ini anak kedua juga sudah memakai popok sekali pakai, semoga jangan sampai kena ruam popok.

Beberapa hal yang aku lakukan agar terhindar dari ruam popok  sebagai berikut :
  1. Ganti popok sesering mungkin, apalagi kalau sudah pup harus segera di ganti ya.
  2. Memakai tissue basah yang non alkhohol dan non fragrance. Kalau aku membersihkan pup biasanya memakai tissue basah , kadang pakai cotton balls (kapas bulat khusus buat bayi) aku selang seling. 
  3. Mengoleskan baby cream yang mengandung zinc, jadi setelah dibersihkan kemudian dikeringkan baru dioleskan cream ini. Menurut aku kalau pakai cream ini bisa mencegah ruam popok, dulu pas anak pertama selalu pakai dan sudah terbukti.
  4. Hindari penggunaan bedak di area yang memakai popok karena akan semakin memicu terjadinya iritasi.
  5. Sebelum dan sesudah mengganti popok, tangan harus dalam keadaan bersih. 
  6. Menggunakan popok yang cocok dan tidak menyebabkan iritasi di kulit bayi.
Ruam popok sebenarnya bisa sembuh tanpa obat dari dokter tapi kasihan khan kalo anak rewel karena ruam ini, jadi sebaiknya harus di hindari. Semoga tips di atas bermanfaat dan anak terhindar dari ruam popok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar